Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjawab Tantangan Masa Depan: Prospek Menjanjikan Lulusan S1 Farmasi

Lulusan S1 Farmasi mempunyai prospek kerja dalam bidang obat-obatan. Banyak lulusannya yang bekerja di apotek, rumah sakit, laboratorium, dunia kecantikan, hingga pengajar atau dosen pelajaran farmasi.

Bagi yang ingin mendalami ilmu farmasi, maka harus masuk di jurusan farmasi. Jika memilih kuliah farmasi di perguruan tinggi swasta, biasanya harus menyiapkan biaya kuliah farmasi swasta yang cukup banyak.

Namun berbeda dengan perguruan tinggi negeri, di mana biaya kuliah farmasi negeri sedikit lebih bersahabat dibandingkan swasta. Lantas dengan biaya kuliah tersebut, apakah prospek lulusan S1 farmasi sangat menjanjikan?

Prospek Menjanjikan Lulusan S1 Farmasi

Prospek Menjanjikan Lulusan S1 Farmasi

Anda yang ingin mendaftar di S1 Farmasi, perlu dipahami serta diputuskan matang-matang terlebih dahulu. Salah satu alasanya karena biaya kuliah farmasi cukup mahal.

Tetapi hal ini sebanding dengan industri farmasi yang terus berkembang. Jadi, selama farmasi masih ada, maka prospek lulus S1 farmasi masih sangat dicari dan dibutuhkan.

Industri farmasi sendiri mempunyai peran yang tidak terpisahkan dengan industri kesehatan. Inilah beberapa prospek menjanjikan lulusan S-! yang menarik untuk dicoba, yaitu:

Lembaga Pemerintah

Lulusan S1 farmasi juga bisa bekerja bersama lembaga pemerintahan. Contohnya bisa bekerja di Badan Pengawas Obat dan makanan (BPOM). BPOM tugasnya menyusun pengawasan obat, kosmetik, dan makanan yang beredar di masyarakat.

Ahli Kecantikan

Lulusan S1 farmasi bisa berkiprah dalam dunia kecantikan sebagai ahli kecantikan. Ahli kecantikan (aesthetic) adalah suatu pekerjaan yang terlatih sekaligus terampil melaksanakan perawatan kecantikan.

Sales Representative Medis

Anda bisa menjadi sales representative medis pada perusahaan medis. Prospek kerja yang demikian, mengharuskan Anda mampu menjual produk obatan dan peralatan medis. Semakin banyak relasi, Anda akan semakin mudah bertransaksi.

Dosen atau Pengajar

Ahli farmasi bukan hanya bisa bekerja sebagai apoteker, namun bisa juga menjadi dosen atau pengajar pada bidang farmasi. Prospek kerja bidang farmasi sebagai pengajar untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan mahasiswanya.

Peneliti Farmasi

Lulusan S1 bisa bekerja sebagai peneliti farmasi. Ahli farmasi harus bisa mengembangkan penelitian terhadap obat. Kondisi ini dilakukan untuk membantu kesehatan banyak orang di seluruh penjuru dunia.

Medical Science Liaison

Prospek kerja lulusan S1 bisa menjadi medical science liaison (MSI). Peluang kerja ini adalah Anda bertugas sebagai ahli yang melakukan supervisi serta mengevaluasi produk serta operasional organik obat.

Demikianlah penjelasan tentang prospek lulusan S1 di masa yang akan datang dan cukup menjanjikan. Bagi Anda yang berhasil menjadi ahli farmasi, nantinya Anda bisa bergabung bersama ahli farmasi lainnya di https://pafibovendigoel.org/. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "Menjawab Tantangan Masa Depan: Prospek Menjanjikan Lulusan S1 Farmasi"