Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iPhone 12 atau iPhone 11? Analisis Kelebihan dan Kekurangan

iPhone adalah salah satu brand yang produk-produknya hadir dengan berbagai fitur menakjubkan. Sebut saja salah satunya iP 12 atau iPhone 12 yang dirilis pada tahun 2020 lalu.

Produk tersebut bisa dikatakan sebagai versi upgrade dari pendahulunya yaitu iP 11 atau iPhone 11 yang rilis tahun 2019.

Rilis di tahun yang berdekatan, perbedaan keduanya menjadi topik yang sangat seru untuk dibahas. Terlebih jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memiliki salah satunya.

Kelebihan dan Kekurangan iP 12 dan iP 11

iPhone 12 atau iPhone 11? Analisis Kelebihan dan Kekurangan

1. Dari Segi Desain

Mari mulai pembahasan tentang perbandingan iPhone 12 dan iPhone 11 dari segi yang paling mudah dilihat terlebih dahulu, yaitu desainnya. Secara desain, iPhone 12 memiliki sudut yang bulat dengan tepi body datar atau flat edge.

Sementara pada iPhone 11, baik sudutnya maupun sisi bodynya tampak membulat. Kalau dari segi kamera, keduanya masih dibekali dengan konsep kamera boba.

Sementara kalau soal bobot, iPhone 11 lebih berat. Sebab, seri ini bobotnya 194 gram, lebih besar daripada iPhone 12 yang hanya 164 gram.

2. Dari Segi Kualitas Layar

Ukuran layar iPhone 12 dan iPhone 11 sama, yakni 6,1 inci. Namun yang membedakan adalah resolusinya. iPhone 11 dengan layar berfiturkan Liquid Retina memiliki resolusi sebesar 1792 x 828 piksel.

Dengan resolusi tersebut, iPhone 11 memiliki tampilan layar yang cukup cerah serta tajam, dan kecerahannya mencapai 625 nits. Sementara pada iPhone 12, sudah tersemat fitur Super Retina XDR OLED.

Layar ini beresolusi 2532 x 1170 piksel sehingga tampilan gambar jauh lebih jernih. Tingkat kecerahannya mencapai 1200 nits yang membuat Anda bisa menggunakannya dengan nyaman saat di luar ruangan.

3. Dari Segi Prosesornya

Salah satu kelebihan iPhone 12 dibandingkan dengan iPhone 11 terletak pada prosesornya. Prosesor iPhone 12 disebut mampu bekerja lebih cepat. Hal ini dikarenakan prosesor iPhone 12 adalah A14 Bionic, sementara pada iPhone 11 prosesornya A13 Bionic.

Prosesor A14 Bionic diklaim memiliki performa 15% lebih cepat daripada prosesor yang sebelumnya. Meskipun demikian, prosesor ini menggunakan daya sekitar 30% lebih kecil daripada pendahulunya yang tertanam dalam iPhone 11.

4. Dari Segi Kapasitas Baterai dan RAM

Diantara kelebihan iPhone 11 ialah kapasitas baterainya yang lumayan besar yaitu 3110 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa menonton video selama sekitar 17 jam hingga 20 jam.

Kapasitas baterai yang besar ini juga dimiliki oleh iPhone 12 yang konon memiliki durasi video playback hingga di rentang waktu tersebut.

Sementara untuk kapasitas RAM, diketahui bahwa dalam iPhone 11 terdapat RAM sebesar 4GB. Sedangkan untuk iPhone 12, kapasitas RAM sedikit berbeda sesuai dengan serinya.

Kalau pada iPhone 12 Mini dan iPhone 12, RAM-nya sebesar 4 GB. Sedangkan untuk versi iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, kapasitas RAM-nya sebesar 6 GB.

5. Dari Segi Kualitas Kamera

Untuk urusan fotografi, baik iP 11 maupun iPhone 12 sama-sama memiliki kamera depan beresolusi 12 MP. Begitu pula dengan kamera belakangnya, sudah ada kamera wide dan ultra wide yang juga beresolusi 12 MP.

Jika melihat perbandingan di atas, kira-kira Anda lebih tertarik untuk memiliki seri yang mana? Jangan lupa cek harga iPhone 12 dan iPhone 11 terbaru ya khususnya agar lebih mudah dalam menyiapkan budgetnya.

Nah, kalau budget sudah siap, hati-hati dalam menentukan tempat pembeliannya. Kalau Anda ingin mendapatkan iPhone 11 ataupun iPhone 12 bekas yang berkualitas dan sudah terbukti keasliannya, di Jagofon saja.

Di sini ada banyak pilihan model iP 11 maupun 12 dengan harga super terjangkau. Semua produk yang dipasarkan sudah melalui rangkaian tes terlebih dahulu dan ada garansinya juga selama 6 bulan yang bisa membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang.

Posting Komentar untuk "iPhone 12 atau iPhone 11? Analisis Kelebihan dan Kekurangan"